Navigation Menu

Cina Liquorice


Cina%2520Liquorice Cina Liquorice (Glycyrrhiza Uralensis)

Cina Liquorice (Glycyrrhiza uralensis)

Cina Liquorice (Glycyrrhiza uralensis). Nama Latin : Glycyrrhiza glabra L, Nama Daerah : Glycyrrhiza Radix, Liquiritae Radix; Akar Manis.

Habitat :
Akar manis tumbuh seperti rerumputan (semak) di sebagian wilayah Eropa bagian selatan (Glycyrrhiza glabra). Spesies lainnya adalah Licorice Amerika disebut G. lepidopta yang tumbuh di Amerika Utara dan Licorice Cina (G.uralensis) yang banyak dipakai dalam bahan obat-obatan Cina.

Deskripsi :
Akar manis atau ‘Licorice’ atau ‘Liquorice’ adalah akar Glycyrrhiza glabra. Tanaman akar manis ini merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian wilayah Asia. Nama liquorice berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya “akar manis”. Akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm. Daun-daunnya dapat berjumlah 9-17 helai dalam satu cabang. Bunga akar manis tersusun secara inflorescens (berkelompok dalam satu cabang),warnanya berkisar dari keunguan sampai putih kebiru-biruan serta berukuran panjang 0,8-1,2 cm. Buah akar manis berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm, dan mengandung biji.
Akar manis tumbuh dengan baik di tanah yang dalam, subur, cukup air dan dalam iklim yang penuh cahaya matahari. Biasanya dipanen pada musim gugur 2 atau 3 tahun setelah penanaman. Ekstrak akar manis didapat dengan cara merebus akar tanamannya dan menguapkan airnya, dapat dijual dalam bentuk bubuk ataupun sirup (cair). Zat yang terkandung di dalamnya adalah glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan. Spesies G.uralensis adalah jenis akar manis yang paling banyak mengandung zat ini.

Kandungan Akar Manis :
Glisirhisin, saponin, glikosida likuiritin, asparagin, umbeliferona, glabrolida, glukosa, sukrosa, asam likuiritat, asam hidroksiglisirhitat, zat pahit, minyak atsiri, dan asparagin.

Khasiat Akar Manis:
Khasiat kayu manis adalah Anti kolestrol, Bronkhitis, Batuk, Mulas Tukak lambung.
Akar manis adalah sejenis tanaman polong-polongan. Tanaman yang dalam bahasa yunani kuno dinamakan “ Liquorice” ini diperkirakan berasal dari eropa bagian selatan dan sebagian asia.
Akar manis akan tumbuh dengan baik di area tanah yang dalam, subur, mengandung cukup air dan banyak sinar matahari. Lama panen berkisar antara 2 hingga 3 tahun setelah penanaman.
Ciri –ciri umum dari tanaman ini antara lain :
  • Pohon berbentuk terna dengan kemampuan tumbuh bisa mencapai satu meter tingginya.
  • Daun tumbuh menyerupa sayap ( pinnate) dengan ukuran panjang antara 7-15 cm. Daun ini tersusun dalam satu cabang 9 – 17 helai.
  • Bagian bunga tumbuh berkelompok dalam satu cabang ( inflorescen). Bunga memiliki warna keungguan mendekati putih kebiru-biruan, panjang bunga 0,8-1,2 cm.
  • Buah akar wangi berpolong berbentuk panjang sekitar 2-3 cm, buah mengandung biji.
Klasifikasi dari tanaman akar manis
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili : Fabaceae
  • Upafamili : Faboideae
  • Bangsa : Galegeae
  • Genus : Glycyrrhiza
Manfaat akar manis
  • Manfaat akar manis bisa dirasakan baik dalam dunia kuliner maupun pengobatan.
  • Pemanfaatan akar manis dilakukan dengan mencampurkan langsung akar manis kedalam masakan atau dengan cara mengambil ekstrak dari bagian akar. Caranya yaitu dengan merebus akar dari tanaman akar manis lalu menguapkan airnya. Bagian akar mengandung zat yang disebut Glycyrrhizin, Ciri khas dri zat ini yaitu memiliki rasa manis, Dimana tingkat kemanisannya diklaim 50 x lebih manis dari gula.
  • Dalam dunia kuliner, pemanfaatan ekstrak akar manis yaitu digunakan sebagai bahan pembuatan permen untuk pelega tenggorokan. Pemanfaat Akar manis sebagai tanaman obat yaitu untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Max planck ( institute Berlin Jerman) menemukan bahwa akar manis mengandung zat anti diabetes, zat ini dinamakan amorfrutin. Selain itu, zat ini juga ternyata memiliki fungsi anti inflamasi dan dapat ditoleransi sangat baik oleh tubuh manusia.

Untuk mendapatkan manfaat dari Cina Liquorice (Glycyrrhiza Uralensis) ini bisa mengkonsumsi PhytoChi,  PhytoChi adalah Tonik Ekstrak 16 Herbal terbaik dengan rasa yang manis dan menyegarkan, Maha karya dari seorang Herbalis legendaris, Dr. Albert Y Leung yang sudah banyak menulis ensiklopedia tentang Herbal.

0 komentar:

Follow @ deralphytochi